Monday, December 28, 2020

FUNGSI BISNIS RITEL

             Dalam alur proses bisnis ritel merupakan akhir proses distribusi dengan dilakukan penjual langsung pada konsumen akhir,dimana bisnis retail merupakan suatu fungsi atau mata rantai proses distribusi sebagai perantara antara distributor (wholesaler,ataupun importer) dengan kosumen akhir.

Retail juga berperan sebagai penghimpun berbagai kategori atau jenis barang yang menjadi kebutuhan konsumen sehingga konsumen menjadi toko retail sebagai tempat rujukan untuk mendapatkan (to choose,to find) barang yang dibutuhkannya. Lebih lanjut binis ritel berperan sebagai penentu eksistensi barang dari manufacture di pasar konsumsi (consumption market), dan dengan demikian manufacture dan distributor memiliki ketergantungan yang besar terhadap entitas bisnis ritel.

Keuntungan dari proses distribusi barang/jasa,ritel juga sangan tergantung pada pasokan (supply) barang dari manufacture dan atau distributor.tinggkat ke untungan yang maksimum dari retailer merupakan hasil dari positioning yang optimum retailer di pasar konsumen dan di pasar sumber barang/jasa (resources market),dan dari kemampuannya untuk beroperasi seefisien mungkin dalam keseimbangan proses distibusi menurut Asep ST Sujana (2005).

Industri Ritel memegang peranan penting dalam perekonomian suatu negara, terutama berkaitan dengan proses distribusi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, antara lain:

1. Melakukan kegiatan usaha di lokasi yang nyaman dan mudah diakses oleh pelanggan

2. Memeberikan keragaman produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan.

3. Memecah atau Membagi jumlah dan ukuran produk yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil.

4. Mengubah produk menjadi bentuk yang lebih menarik.

5. Menyimpan produk agar tetap tersedia pada harga yang relatif tetap.

6. Membantu terjadinya perpindahan barang melalui sistem distribusi

7. Memeberikan jaminan produk layanan purna jual dan turut menangani keluhan pelanggan.

8. Adakalanya memberikan fasilitas kredit dan sewa.

9. Meningkatkan nilai produk.

No comments:

Post a Comment