Dalam alur proses bisnis ritel merupakan akhir proses distribusi dengan dilakukan penjual langsung pada konsumen akhir,dimana bisnis retail merupakan suatu fungsi atau mata rantai proses distribusi sebagai perantara antara distributor (wholesaler,ataupun importer) dengan kosumen akhir.
Retail juga
berperan sebagai penghimpun berbagai kategori atau jenis barang yang menjadi
kebutuhan konsumen sehingga konsumen menjadi toko retail sebagai tempat rujukan
untuk mendapatkan (to choose,to find) barang yang dibutuhkannya. Lebih lanjut
binis ritel berperan sebagai penentu eksistensi barang dari manufacture di
pasar konsumsi (consumption market), dan dengan demikian manufacture dan
distributor memiliki ketergantungan yang besar terhadap entitas bisnis ritel.
Keuntungan
dari proses distribusi barang/jasa,ritel juga sangan tergantung pada pasokan
(supply) barang dari manufacture dan atau distributor.tinggkat ke untungan yang
maksimum dari retailer merupakan hasil dari positioning yang optimum retailer
di pasar konsumen dan di pasar sumber barang/jasa (resources market),dan dari
kemampuannya untuk beroperasi seefisien mungkin dalam keseimbangan proses
distibusi menurut Asep ST Sujana (2005).
Industri
Ritel memegang peranan penting dalam perekonomian suatu negara, terutama
berkaitan dengan proses distribusi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh
masyarakat, antara lain:
1. Melakukan kegiatan usaha di
lokasi yang nyaman dan mudah diakses oleh pelanggan
2. Memeberikan keragaman produk
sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan.
3. Memecah atau Membagi jumlah dan
ukuran produk yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil.
4. Mengubah produk menjadi bentuk
yang lebih menarik.
5. Menyimpan produk agar tetap
tersedia pada harga yang relatif tetap.
6. Membantu terjadinya perpindahan
barang melalui sistem distribusi
7. Memeberikan jaminan produk
layanan purna jual dan turut menangani keluhan pelanggan.
8. Adakalanya memberikan fasilitas
kredit dan sewa.
9. Meningkatkan nilai produk.
No comments:
Post a Comment