Bagi perusahaan keberadaan pelanggan adalah penting, bahkan perusahaan dari waktu ke waktu harus terus menerus berusaha membuat strategi bisnis yang dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, karena pelanggan adalah asset perusahaan. Secara umum dikenal tiga pengelompokan pelanggan yaitu :
1. Pelanggan Internal ( Internal Customer ).
Pelanggan Internal adalah pelanggan atau orang-orang yang berasal dari dalam perusahaan yang menjadi pelanggan dari produk yang mereka hasilkan sendiri dan mereka memilki pengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan. Prinsip hubungan pemasok-pelanggan harus dipelihara dalam sistem kualitas modern.
2. Pelanggan Antara ( Intermediate Customer ).
Pelanggan Antara adalah mereka yang berperan sebagai pemakai/ user. Dalam hal ini mungkin saja mereka bertindak hanya dalam kapasitasnya untuk memberikan saran dan memengaruhi atau justru sebagai penentu utama yang terbaik bagi Pengguna Akhir. Misalnya suatu Supplier/distributor menerima pesanan dari agen, agen akan memberikan pelayanan kepada konsume atau pelanggan akhir.
3. Pelanggan Eksternal ( External Customer ).
Pelanggan Eksternal adalah pelanggan yang berasal dari luar perusahaan yang membeli atau menerima barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Misalnya Supermarket menerima pembayaran dengan kartu kredit, dalam hal ini pembayaran tunai akan dilakukan oleh Bank yang mengeluarkan kartu kredit, sedangkan pemakai produknya adalah pemegang kartu kredit. Dalam hal ini Bank dan pemegang kartu/ pemakai produk bertindak sebagai pemasok produk. Prinsip hubungan pemasok-pelanggan harus dipelihara agar saling memuaskan dalam sistem kualitas moderen.
1. Pelanggan Internal ( Internal Customer ).
Pelanggan Internal adalah pelanggan atau orang-orang yang berasal dari dalam perusahaan yang menjadi pelanggan dari produk yang mereka hasilkan sendiri dan mereka memilki pengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan. Prinsip hubungan pemasok-pelanggan harus dipelihara dalam sistem kualitas modern.
2. Pelanggan Antara ( Intermediate Customer ).
Pelanggan Antara adalah mereka yang berperan sebagai pemakai/ user. Dalam hal ini mungkin saja mereka bertindak hanya dalam kapasitasnya untuk memberikan saran dan memengaruhi atau justru sebagai penentu utama yang terbaik bagi Pengguna Akhir. Misalnya suatu Supplier/distributor menerima pesanan dari agen, agen akan memberikan pelayanan kepada konsume atau pelanggan akhir.
3. Pelanggan Eksternal ( External Customer ).
Pelanggan Eksternal adalah pelanggan yang berasal dari luar perusahaan yang membeli atau menerima barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Misalnya Supermarket menerima pembayaran dengan kartu kredit, dalam hal ini pembayaran tunai akan dilakukan oleh Bank yang mengeluarkan kartu kredit, sedangkan pemakai produknya adalah pemegang kartu kredit. Dalam hal ini Bank dan pemegang kartu/ pemakai produk bertindak sebagai pemasok produk. Prinsip hubungan pemasok-pelanggan harus dipelihara agar saling memuaskan dalam sistem kualitas moderen.
No comments:
Post a Comment