Promosi adalah suatu arus informasi atau bujukan yang dilakukan untuk mengarahkan orang-orang agar dapat mewujudkan pertukaran penjualan.
Tujuan dari promosi adalah meningkatkan penjualan, sedangkan secara spesifiknya menurut Griffin dan Elbert (2007) dalam Rismi somad (2014) :
Tujuan dari promosi adalah meningkatkan penjualan, sedangkan secara spesifiknya menurut Griffin dan Elbert (2007) dalam Rismi somad (2014) :
1. Mengkomunikasikan informasi ( Communicate Information)
Informasi tersebut melalui tulisan (majalah, surat kabar), lisan (orang, telpon), visual (TV atau billboard).
2. Posisioning Produk ( Position Product ).
Posisioning merupakan proses menetapkan identitas citra produk yang mudah dipahami dalam benak pelanggan.
3. Nilai tambah ( Add Value ).
Bauran Promosi dirancang untuk mengkomunikasikan produk kepada pelanggan agar memiliki keuntungan nilai tambah.
4. Mengkontrol Volume Penjualan ( Control Sales Volume ).
Promosi dengan periode yang lambat akan mengkontrol organisasi bisnis agar mampu menjaga sitem produksi dan distribusi .
Promosi dengan periode yang lambat akan mengkontrol organisasi bisnis agar mampu menjaga sitem produksi dan distribusi .
Bentuk-bentuk promosi yang bisa digunakan antara lain :
a. Personal Selling (Penjualan Langsung)
Penjualan langsung komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian mencoba dan membelinya.
a. Personal Selling (Penjualan Langsung)
Penjualan langsung komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian mencoba dan membelinya.
b. Periklanan ( advertising )
Periklanan /Advertensi adalah suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang besifat non personal. Tujuan advertensi secara keseluruhan mempengaruhi tingkat penjualan agar keuntungan perusahaan meningkat.
Periklanan /Advertensi adalah suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang besifat non personal. Tujuan advertensi secara keseluruhan mempengaruhi tingkat penjualan agar keuntungan perusahaan meningkat.
c. Publisitas ( Publicity)
Publisitas (Publicity) adalah merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang yang ditampilkan dalam media tersebut.
Publisitas (Publicity) adalah merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang yang ditampilkan dalam media tersebut.
d. Promosi Penjualan (sales promotion)
Promosi penjualan (sales promotion) menurut Basu Swasta dan Irawan adalah merupakan segala kegiatan promosi selain periklanan , personal selling maupun publisitas, kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan antara lain: peragaan, pertunjukan, pameran, demontrasi dan sebagainya.
Promosi penjualan (sales promotion) menurut Basu Swasta dan Irawan adalah merupakan segala kegiatan promosi selain periklanan , personal selling maupun publisitas, kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan antara lain: peragaan, pertunjukan, pameran, demontrasi dan sebagainya.
No comments:
Post a Comment