Segmentasi pasar terbagi menjadi 3 yaitu:
Segmentasi Pasar Konsumen
Membentuk segmen pasar dengan memakai ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen tersebut menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
Segmentasi Pasar Bisnis
Pembentukan segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat waktu yang dicari, waktu penggunaan, dan merk.
Segmentasi Pasar yang Efektif
- Dapat diukur.
- Dapat dijangkau.
- Dapat dibedakan.
- Dapat diambil tindakan.
- Dapat ditukar (Measurable), segmen pasar yang dituju bisa diukur, baik jumlah, ciri dan sifat-Nya.
- Mampu dijangkau (Accessible), artinya segmen pasar mampu diakses sehingga perusahaan mudah dalam mengarahkan pemasarannya.
- Cukup besar (Substantial), segmen pasar yang dituju harus besar.
- Dapat dibedakan (Differentiable), secara jelas dapat dibedakan dengan segmen lainnya.
- Dapat dilaksanakan (Actionable), program pemasaran dan pelayanan perusahaan dapat dilaksanakan pada segmen pasar yang dituju.
- Mampu memberi keuntungan (Profitable),
No comments:
Post a Comment