Kunci
utama mempertahankan dan mendapatkan pelanggan ialah memberikan value superior
dibandingkan pesaing. Untuk menciptkan value tersebut, Christopher Lovelock,
Pakar Marketing Service asal Inggirs memperkenalkan konsep The Flower of
service.
Lovelock
(2011) menjabarkan bahwa terdapat delapan elemen yang wajib diperhatikan oleh
manajemen diamna delapan elemen tersebut dibagi menjadi dua bagian. Kelompok
pertama yaitu kelompok fasilitas yang berisi empat elemen yaitu information,
payment, billing dan order taking. Kelompok kedua yaitu kelompok enchancing
(penambahan) yaitu consultation, hospitality, safekeeping/caretaking dan
exceptions.
Dalam
konsep ini value dibentuk oleh core products dan supplementary services.
Core product merupakan hal paling mendasar dalam produk maupun service
perusahaan. Sedangkan supplementary service adalah service-service tambahan
untuk membedakan core product yang anda miliki dengan kompetitor.
Misalnya
rumah makan maka core productnya adalah makanan dan minuman sedangkan fasilitas
packing, pelayanan ramah dan cepat, delivery order, drive thru, toilet,
mushola, parkir, charger, internet wifi, cashier, musik adalah supplementary
service.
Lovelock
juga mengingatkan bahwa perusahaan tidak bisa mengandalkan core product (inti
produk) sebagai keunggulan superiornya karena situasi kompetisi yang semakin
ketat akibat perkembangan iptek, politk-legal, ekonomi, sosial budaya dan
market membuat perusahaan-perusahaan baru mudah meniru core product yang
mungkin lebih canggih dari produk yang mereka tiru contohnya Airbus
memperkenalkan pesawat yg lebih besar ketimbang Boeing. Oleh karena itu,
persaingan saat ini lebih diarahkan ke supplementary product.
Lovelock
membagi supplementary product menjadi dua kategori yaitu facilitate core product dan
enhance core product. Facilitate core product ialah service tambahan
yang diberikan perusahaan kepada klien yang berhubungan dengan core produk
seperti businness center dan room service sebuah hotel. Enhance core product
adalah service tambahan yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan nilai
tambah atau menjadi diferensiasi perusahaan seperti menyediakan guide untuk
tamu hotel yang ingin mengunjungi tempat wisata di daerah tersebut.
No comments:
Post a Comment