FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah produk-produk yang sifatnya
cepat habis yang biasanya terdiri dari kebutuhan sehari-hari, sehingga
dapat terjual dalam waktu singkat dengan harga yang relatif rendah.
Produk-produk ini mudah dijumpai di supermarket, seperti produk makanan dan minuman, sabun, sampo, pasta gigi, dan obat-obatan. Sedangkan untuk barang lainnya yang bisa dikategorikan sebagai FCMG
adalah kosmetik, perlengkapan mandi, alat cukur, pasta gigi dan lain
sebagainya. Ada juga barang elektronik yang masuk kategori tersebut, contohnya ponsel atau mobile phone. Meski bukan barang sehari-hari, namun ponsel merupakan alat elektronik yang sering diganti oleh pemiliknya.
Perusahaan FCMG di Indonesia terbagi menjadi dua yakni lokal dan multinasional. Contoh perusahaan FMCG lokal, contohnya Indofood, Wings, Orang Tua dan Mayora sedangkan contoh perusahaan multinasional, seperti Unilever dan Nestle. Consumer
goods adalah produk yang digunakan oleh konsumen akhir. Produk produk ini juga
di jual belikan melalui retailer, baik retail banking, retail groceries (super
market, hypermarket, etc) took fashion dan sebgaianya.
Lawan dari FMCG adalah durable goods. Durable goods adalah
produk yang cenderung penggunaannya lama atau bahkan tidak terhingga. Contohnya
adalah buku, alat tulis, beberapa alat elektronik, perkakas, rumah dan lain
lain.
No comments:
Post a Comment