Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah :
- Faktor Budaya
Perilaku mendasar dari penentu keinginan konsumen dikarenakan adanya kumpulan nilai, persepsi, preferensi, perilaku keluarga dan lembaga penting lain. Terdiri dari faktor budaya masyarakat, sub-budaya dan kelas sosial. Sub budaya sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya ras, etnik, agama, kelompok, letak geografis dan lainnya. Kelas sosial terdiri dari sekumpulan variabel seperti pekerjaan, tingkat pendidikan, penghasilan, strata sosial dan lainnya.
2. Faktor Sosial
Dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial misalnya kelompok acuan, keluarga, peran dan status. Kelompok acuan diantaranya ada kelompok primer dan sekunder, kelompok aspirasional dan dissosiatif, kelompok opini leader dan follower. Faktor keluarga biasanya didominasi atas anggota satu terhadap anggota lain atau adanya kesepakatan dari masing-masing anggota keluarga. Sedangkan peran dan status merupakan pengakuan keberadaan dari individu tersebut di masyarakat.
3. Faktor Pribadi
Faktor ini dipengaruhi oleh karakteristik dari siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri pribadi. Dimana semakin tinggi dan baiknya kondisi ekonomi seseorang maka gaya hidupnya meningkat. Misalnya seorang konsultan dibidang perpajakan yang penghasilannya meningkat dari 5 juta per bulan menjadi 20 juta perbulan maka gaya hidupnya meningkat, kondisi ekonominya membaik dan kepribadian diri maupun konsep diri dalam melakukan pembelian produk/jasa pun meningkat.
4. Faktor Psikologis
Dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, pengetahuan serta keyakinan dan pendirian. Semakin baik persepsi seseorang akan suatu produk/jasa dibarengi dengan pengetahuan yang lebih akan produk/jasa yang akan dibeli makan semakin yakin dan teguhlah pendiriannya untuk membeli produk/jasa tersebut.
No comments:
Post a Comment