Wednesday, March 1, 2017

Leadership (Kepemimpinan)

MANAGEMENT DAN LEADERSHIP
            Manajemen adalah proses pencapaian tujuan organisasi melalui suatu usaha bersama. Manajer adalah orang yang senantiasa memikirkan kegiatan untuk mencapai organisasi.
            Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau seni mempengaruhi perilaku manusia, baik perorangan atau kelompok. Kepemimpinan tidak harus diikat dalam suatu oraganisasi. Pemimpin adalah orang yang melakukan kegiatan mempengaruhi perilaku orang tersebut.
PEMIMPIN MEMPENGARUHI
a.       Interpretasi peristiwa eksternal oleh para anggota
b.      Pilihan tujuan dan strategi yang ingin dicapai
c.       Motivasi anggota untuk mencapai tujuan tersebut
d.      Rasa saling percaya dan bekerja sama antar anggota
e.       Organisasi aktivitas kerja
f.       Pengembangan kepercayaan dan keterampilan anggota
g.      Pembelajaran dan pembagian pengetahuan baru antar anggota
h.      Pembuatan daftar dukungan dan kerjasama dari orang luar
KEEFEKTIFAN KEPEMIMPINAN
            Beberapa pakar memberikan pengertian berbeda tentang kepemimpinan yang efektif, namun ukuran yang umum digunakan adalah seberapa jauh unit organisasi pemimpinan tersebut berhasil menuaikan tugas pencapaian. Sikap para pengikut terhadap pemimpin adalah indikator umum lainnya dari pemimpin yang efektif.
            Variabel-variabel kunci dan teori kepemimpinan
1.      Karakteristik pemimpin
a.       Ciri (motivasi, kepribadian, nilai)
b.      Keyakinan dan optimisme
c.       Keterampilan dan keahlian
d.      Perilaku
e.       Integritas dan etika
f.       Taktik pengaruh
g.      Sifat pengikut
2.      Karakteristik situasi
a.       Jenis unit organisasi
b.      Besarnya unit organisasi
c.       Posisi kekuasaaan dan wewenang
d.      Struktur dan kerumitan tugas
e.       Kesaling tergantungan tugas
f.       Keadaan lingkungan yang tidak menentu
g.      Ketergantungan eksternal
3.      Karakteristik pengikut
a.       Ciri (kebutuhan, nilai, konsep pribadi)
b.      Keyakinan dan optimisme
c.       Keterampilan dan keahlian
d.      Sifat dari pemimpinnya
e.       Kepercayaan kepada pemimpin
f.       Komitmen dan upaya tugas
g.      Kepuasan terhadap pemimpin dan pekerjaan
MANAGER SEBAGAI PEMBUAT KEPUTUSAN (DECISIONAL ROLE)
            Sebagian besar tugas manajer adalah membuat keputusan karena otoritas formal, karena pusat informasi dan karena perlu keterpaduan kontrol. Tipe pengambilan keputusan yang biasanya ada ialah :
Ø  DECISION ROLE
o   Peranan sebagai entrepreneur : sebagai perangcang organisasi sekaligus pengendali POAC.
o   Peranan sebagai penghalau ganggunan (Disturbance Handler) : bertanggung jawab ketika organisasi terancam bahaya.
o   Peranan sebagai pemberi sumber (Resource Allocator) : mengatur SDM yang ada dan membagi/mengalokasikannya untuk mencapai tujuan organisasi.
o   Peranan sebagai negosiator : menempatkan organisasi agar memiliki posisi tawar yang kuat.
Kelebihan Kepemimpinan Rasulullah  antara lain :
1. Memiliki integritas yang tinggi (personal integrity)
2. Kemampuannya untuk memperluas jaringan sosial (social relationship)
3. Keteladanan dalam memimpin (leadership by example)
 4. Keagungan akhlak (ethical conduct)
5. Nilai spiritual yang tinggi (morale uplift through spiritual leadership)
6. Terbuka atas gagasan-gagasan (freedom of expression)
7. Adil dan bijaksana (justice and wisdom)
8. Memiliki daya empati yang mengagumkan



No comments:

Post a Comment