Wednesday, March 1, 2017

Materi Pendadaran Manajemen SDM

Manajemen sendiri ialah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Fungsi manajemen ada empat ialah POAC (planning, organizing, actuating and controlling).
Manajemen SDM adalah proses serta upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam pencapaian tujuannya.
Proses manajemen SDM diantaranya human resource planning (merencanakan kebutuhan SDM); Personnel Procurement (mencari&mendapatkan SDM); personnel Development (mengembangkan SDM); personnel maintenance (memelihara SDM) dan personnel Utilization
(memanfaatkan dan mengoptimalkan).
Rekrutmen adalah upaya perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang diperlukan sesuai kualifikasi yang ditetapkan dalam perencanaan tenaga kerja.
Penentuan sumber-sumber penarikan karyawan ada dua cara :
a.       Sumber internal adalah mengisi lowongan kerja dengan memutasi/memindahkan karyawan yang memenuhi spesifikasi dari dalam perusahaan.
b.      Sumber eksternal adalah karyawan yang akan mengisi jabatan dari sumber tenaga kerja di luar perusahaan. Bisa dari lembaga pendidikan, referensi karyawan, pasar tenaga kerja.
Metode perekrutan antara lain metode tertutup yaitu penarikan hanya diinformasikan kepada karyawan/orang tertentu saja sedangkan metode terbuka yaitu penarikan diinformasikan secara luas dengan memasang iklan pada media cetak maupun elektronik.
                Seleksi adalah proses memilih dan memutskan calon karyawan yang paling memenuhi syarat pada posisi jabatan tertentu. Dasar seleksi adalah K-S-A yaitu Knowledge, skills, abilities/attitude.
                Jenis seleksi ada seleksi administrasi, seleksi secara tertulis (tes potensi akademik, tes kepribadian) dan seleksi tidak tertulis (wawancara, praktik). Pengembangan SDM ada onthe job traning dan off the job trainning.
                Pemeliharaan tenaga kerja dilakukan dengan beberapa cara :
1.       Kompensasi (penghargaan sebagai balasan atas prestasi kerja)
2.       Benefit (selain kompensasi)
Pemanfaatan tenaga kerja ada promosi (memindahkan ke posisi lebih tinggi); demosi (penurunan tenaga kerja ke bagian yang lebih rendah); transfer (memindahkan dari satu bagian ke bagian lain); separasi (pemindahan lingkungan kerja ke lingkungan lain).
Penempatan karyawan merupakan tindak lanjut dari seleksi, yaitu menempatkan calon karyawan yang diterima pada jabatan / pekerjaan yang membutuhkannya dan sekaligus mendelgasikan authority kepada orang tersebut.
Pengembangan karyawan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/ jabatan melalui pendidikan dan latihan.
Penilaian prestasi karyawan adalah kegiatan manager untuk mengevaluasi perilaku karyawan dan prestasi kerja karyawan untuk menetapkan kebijaksanaan SDM selanjutnya.
Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Kompensasi dibedakan menjadi dua yaitu kompensasi langsung berupa gaji, upah, dan upah insentif. Kompensasi tidak langsung berupa kesejahteraan karyawan.
Tujuan Kompensasi antara lain memikat karyawan, menahan karyawan yang kompeten dan motivasi dan kinerja. Komponen Kompensasi terdiri dari finansial (Langsung cth: gaji,bonus dan tidak langsung cth asuransi) dan Non finansial (pekerjaan dan lingkungan pekerjaan).
Gaji adalah balas jasa yang dibayar secara prriodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti. Upah adalah balas jasa yang dibayarkan kepada pekerja harian dengan berpedoman atas perjanjian yang disepakati pembayarannya. Upah insentif adalah tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang prestasinya diatas prestasi standar.
Gaji Variabel : kompensasi dikaitkan dengan kinerja individu/kelompok, jenisnya ada insentif individual dan organisasi.
                Populasi tenaga kerja adalah semua orang yang bersedia mengikuti seleksi jika semua strategi rekruitmen digunakan. Populasi pelamar adalah bagian dari populasi tenaga kerja yang mau mengikuti seleksi dengan pendekatan rekruitmen khusus.
                Fungsi rekrutment, seleksi dan penempatan adalah untuk memperoleh SDM yang fleksibel, kreatif dan inovatif.
                Pelatihan yaitu proses yang berupaya menyediakan kepada karyawan berupa informasi, ketrampilan dan pemahaman organisasi dan sasarannya bersifat spesifik, praktis dan segera. Faktor penyebab pentingnya pelatihan adalah kualitas angkatan kerja, persaingan global, perubahan yang cepat dan terus mnerus, masalah alih teknologi dan perubahan demografi.
                Pengembangan yaitu membantu karyawan utk secara berkelanjutan  memberikan kontribusi positif dalam bentuk kinerja yang baik.
                Orientasi yaitu memperkenalkan organisasi, tugas-tugasnya, para manajer maupun kelompok kerja kepada karyawan baru.
                Perbedaan Orientasi, Pelatihan, Pembelajaran dan Pengembangan yakni :
-          Orientasi mengarahkan dan memberi pedoman tentang pekerjaannya, perusahaannya
-          Pelatihan membantu karyawan melaksanakan tugas agar lebih baik
-          Pengembangan mempersiakan karyawan di masa yang akan datang
-          Pembelajaran ialah tindakan dimana individu mendapat keterampilan, pengetahuan dan kemampuan relatif mengubah secara permanen prilakunya.
Analisa jabatan ialah suatu kegiatan untuk mencatat, mempejari, dan menyimpulkan keterangan atau fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis dan teratur.
Job Description ialah catatan sistematis tentang tugas dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu. Spesifikasi pekerjaan yaitu persyaratan minimal yang harus dipenuhi orang yang akan menduduki suatu jabatan. Job permormance adalah kriteria dimana keberhasilan kerja dinilai/diukur. Job design ialah fungsi penetapan kegiatan kerja individu atau kelompok secara organisasional.
Unsur ialah komponen paling kecil dari pekerjaan. Tugas ialah sekumpulan unsur pekerjaan. Kedudukan ialah sekumpulan tugas yang dilakukan oleh pekerja sebagai kewajiban dan tanggung jawab. Pekerjaan adalah sekumpulan kedudukan yang memiliki persamaan kewajiban/tugas pokoknya.
Karier yaitu seluruh pekerjaan yang ditangani atau dipegang selama kehidupan kerja seseorang. Manfaat perencanaan karier antara lain:
-          Mengungkap potensi karyawan
-          Mendorong pertumbuhan
-          Menurunkan perputaran
-          Mengembangkan karyawan untuk promosi
Jalur karier ialah pola pekerjaan berurutan yang membentuk karier seseorang.
Macam-macam jalur karier adalah
a.       Jalur karier tradisional ialah karyawan mengalami kemajuan karier secara vertikal (atas)
b.      Jalur karier lateral ialah seseorang mengalami revitalisasi dan tantangan baru di posisi pekerjaan yang sama
c.       Jalur karier jaringan ialah urutan jabatan secara vertikal dan horizal.
d.      Jalur karier rangkap ialah jalur karier ganda yang dimiliki seseorang dg kemampuan tertentu.

Pengertian PHK adalah suatu kondisi tidak bekerjanya lagi karyawan pada perusahaan karena hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan terputus. Sebab PHK diantaranya karena permintaan sendiri, karena kebijakan perusahaan dan peraturan perundang undangan. Macam PHK ada PHK sementara (karyawan kontrak), Permanen ( permintaan sendiri, meninggal), pemberhentian tidak hormat (terlibat kriminal, merugikan perusahaan).

No comments:

Post a Comment