Friday, March 10, 2017

Tanggung Jawab Sosial Dari Bisnis

         Tanggung jawab sosial merupakan salah satu bagian dari faktor-faktor tujuan bisnis selain memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta keuntungan. Sebagai pebisnis, kita juga harus memiliki tanggung jawab sosial (social responsibility) sebagai bentuk kepedulian kita akan lingkungan dan individu. 

Apa itu Social Responsibility?

Social Responsibility merupakan etika yang mempengaruhi perilaku pribadi dilingkungan kerja atau suatu usaha bisnis untuk menyeimbangkan komitmennya terhadap kelompok individu dan lingkungannya. Istilah tanggung jawab sosial kadangkala dipergunakan untuk menggambarkan tanggung jawab perusahaan kepada komunitas dan lingkungannya selain terhadap karyawan, pelanggan dan kreditor.

Menurut Chuck Williams (2001) tanggung jawaab sosial adalah kewajiban perusahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusan & melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Menurut Jeff Madura (2001) tanggung jawab sosial yaitu suatu pengakuan perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat. 

Di perusahaan tanggung jawab sosial dikenal juga dengan CSR (corporate social responsibility). CSR ini berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan yakni suatu organisasi terutama perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi tapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusan tersebut baik jangka pendek maupun panjang.

Tanggung Jawab Terhadap Karyawan

Bentuk tanggung jawab perusahaan kepada karyawannya berupa pemberian rasa aman, perlakuan yang wajar dari karyawan lain dan kesempatan yang sama bagi setiap karyawan. Menggalakan K3 atau Safety First di perusahaan merupakan bagian dari melindungi karyawan dari kecelakaan kerja dan memperbaiki moral karyawannya. Pengadaan seminar atau pelatihan dapat membantu memeberi penerangan dan pengetahuan baru untuk karyawannya.

Tanggung Jawab kepada Pelanggan

Tidak hanya bertanggung jawab dalam menyediakan barang atau jasa bagi konsumen namun perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produknya. Perusahaan bertanggung jawab menghasilkan produk yang aman dan menjual produk mereka tanpa menyesatkan pelanggan. Perusahaan memastikan tanggung jawabnya dengan menciptakan kode etik, memonitor keluhan pelanggan dan menerima kritik saran mengeni produk mereka.

Tanggung Jawab kepada Pemegang Saham

Perusahaan meyakinkan tanggung jawab mereka dengan memonitor setiap keputusan perusahaan dalam memaksimalkan nilai perusahaan., menyediakan informasi kepada para investor mengenai pergerakan tingkat harga saham dan sumber daya apa saja yang dibutuhkan perusahaan melalui situs internet. Contoh perusahaan Goodyear menggunakan internet untuk memberikan informasi rinci mengenai kinerja keuangan perusahaan kepada para investor.

Tanggung Jawab kepada Kreditor

Memenuhi obligasi keuangan mereka kepada para kreditor jikalau perusahan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi tanggung jawab mereka, maka mereka harus menginformasikannya.

Tanggung Jawab kepada Lingkungan

Perusahaan dituntut mengatasi polusi yang disebabkan oleh proses produksi dan produk yang mereka hasilkan. Perusahaan tidak membuang bahan beracun dan berbahaya secara sembarangan, perusahaan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah solid, melakukan repacking dengan bahan yang lebih ramah lingkungan dan lainnya.
Aspek Pendorong Tanggung Jawab Sosial dalam Etika Bisnis, Antara lain sebagai berikut:
Ø  Dorongan dari pihak luar, dari lingkungan masyarakat seringkali menghadapi kendala berupa adanya biaya tambahan yang kadan cukup besar bagi perusahaan dan diperhitungkan biaya tambahan untung-rugi usaha.
Ø  Dorongan dari dalam bisnsis, sisi pebisnis yang melibatkan rasa, karsa,karya yang ikut mendorong diciptakannya etika bisnis yang baik dan jujur. Penerapan prinsip manjamen terbuka, hubungan industrialis pancasila, pengendalian mutu terpadu dengan gugus kendali mutunya merupakan contoh-contoh penerapan manajemen yang berorientaasi hubungan kemanusiaan.

Terima Kasih untuk sumber blog yang membantu pengembangan materi:
https://silmiikaffah.wordpress.com/2012/01/24/tanggung-jawab-sosial-suatu-bisnis/
https://candygloria.wordpress.com/2010/12/15/tanggung-jawab-sosial-suatu-bisnis/

No comments:

Post a Comment